Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Soal dan Pembahasan UNBK Biologi tentang Perubahan Lingkungan 2019

Perubahan Lingkungan


 UN Biologi Tahun 2013

Pembahasan 

Perubahan lingkungan merupakan keadaan lingkungan yang pola-pola komponennya mengalami perubahan baik secara langsung maupun tidak langsung. Berikut perubahan lingkungan yang akan terjadi apabila terjadi penebangan hutan adalah

  1. Daya dukung lingkungan terhadap kebutuhan dan kehidupan manusia menurun.
  2. Terjadi erosi tanah penyebab tanah longsor. Hal ini disebabkan karena hutan tidak memiliki kekuatan untuk menopang.
  3. Bencana banjir akan menyusul dikarenakan oleh daya serap air oleh pohon menjadi rendah.
Pilihan yang tepat adalah (A).







 UN Biologi Tahun 2015

 Pembahasan

Menjadikan lereng gunung sebagai hutan lindung memiliki fungsi sebagai bentuk dari pencegahan terhadap erosi. Pohon-pohon yang ditanami memiliki peran dalam penyerapan air, menahan dan menjaga tanah tetap kokoh, serta menghindari tanah longsor.

menjaga kelestarian dan melindungi tumbuhan tertentu bisa dikembangkan di Taman Nasional maupun Kebun Raya. Sedangkan memajukan pariwisata bisa dilakukakan dimana saja asalkan telah mengoptmalkan secara benar sumber daya alam. Mengembangkan jenis tumbuhan tertentu biasanya dilakukan di dalam laboratorium yang biakkan secara in vitro melalui kultur jaringan.

Pilihan yang tepat adalah (A).




 UN Biologi Tahun 2012

 Pembahasan


peningkatan populasi eceng gondok disebabkan oleh eutrofikasi. Eutrofikasi merupakan penumpukan zat-zat organik maupun mineral sehingga menyebabkan peningkatan laju pertumbuhan eceng gondok atau ledakan pertumbuhan. Hal ini menyebabkan terhalanginya cahaya matahari oleh eceng gondok yang merupakan sumber energi bagi organisme autotrof dalam air. matinya organisme autotrof menyebabkan berkurangnya kadar oksigen dalam air yang menyebabkan laju pembusukan semakin tinggi.

Pilihan yang tepat adalah (C). Berkurangnya O2 di bawah permukaan air


 UN Biologi Tahun 2016

 Pembahasan


penumpukan sampah organik dapat menyebabkan eutrofikasi. Eutrofikasi merupakan penumpukan zat organik di dalam perairan. beberapa hal yang diakibatkan olehnya adalah

  • Terjadi Booming Alga ataupun melajunya pertumbuhan air lainnya seperti eceng gondok.
  • meningkatnya populasi tanaman air ini menyebabkan terhalangi cahaya matahari ke dalam permukaan air yang menyebabkan matinya organisme autotrof yang memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis.
  • matinya organisme autrof berpengaruh terhadap rantai makanan ekosistem perairan serta menyebabkan kandungan oksigen dalam air berkurang.
  • terjadi penimbunan zat-zat organik yang membuat perairan menjadi dangkal.
Pilihan yang tepat adalah (A) hewan air mengalami kematian. Kematian hewan air disebabkan karena kandungan mineral dan zat-zat organik yang terakumulasi dalam jumlah banyak serta matinya organisme autotrof yang berperan sebagai produsen. Di lain hal juga disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen dalam air.


Dewanto
Dewanto Owner of this blog, He continued his study in Biology Education Department at Maritime Raja Ali Haji University. Besides, he actives on writing popular sciences articles in Warstek Media

Post a Comment for "Latihan Soal dan Pembahasan UNBK Biologi tentang Perubahan Lingkungan 2019"