Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Soal dan Pembahasan UNBK Biologi tentang Faktor Eskternal Pertumbuhan Tumbuhan 2019

Bab     :  Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
Materi : Faktor Eksternal dan Internal yang memengaruhi pertumbuhan tumbuhan
Kelas   : 12 Semester 1

Belajarlah untuk mengetahui konsepnya bukan hanya sekedar untuk mencari jawaban. Dengan belajar konsepnya, serumit apapun soalnya akan bisa kita taklukan
~ Deu Corner ~
          Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua hal yang berjalan secara bersamaan. Pertumbuhan digambarkan sebagai aspek kuantitatif sedangkan perkembangan digambarkan sebagai aspek kualitatif. Pembahasan kali ini mengutamakan aspek kuantitatif. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai pertumbuhan. Pertumbuhan didefinisikan sebagai bertambahnya ukuran baik massa, volume maupun tinggi. Dimana prosesnya ini bersifat irreversible, artinya pertumbuhan itu tidak bisa kembali lagi seperti bentuk semulanya. Pertumbuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berikut penjelasan singkatnya.

 FAKTOR INTERNAL
FAKTOR EKSTERNAL 
  1. Hormon, terdiri dari beberapa hormon yaitu Hormon Auksin, Hormon Giberelin, Hormon Sitokinin, Hormon Gas Etilen, Hormon Asam Absisat,Hormon Kalin dan Hormon Traumalin.
  2. Gen, terdiri dari faktor-faktor yang dapat diwariskan.

  1. Nutrisi , terdiri dari Nutrisi makro ( C, H, O, N, S, P, K, Ca dan Mg) dan Nutrisi mikro ( Fe, Cu, Mo, Ni, Co, B, Cl, Mn, dan Zn ).
  2. Cahaya Matahari, berperan dalam proses fotosintesis, pertumbuhan dan pemicu pembentukan pigmen antosianin.
  3. Suhu, mengatur pengaktifan enzim-enzim mulai dari perkecambahan hingga organisme dewasa.
  4. Kelembapan, berpengaruh terhadap proses pengangkutan unsur hara oleh air dari akar yang berkaitan dengan laju transpirasi.
  5. Oksigen, respirasi aerob.
  6. Derajat Keasaman, setiap tumbuhan memiliki pH nya masing-masing. pH berpengaruh terhadap proses tumbuh dan berkembangnya tumbuhan.
  7. Air, bertindak sebagai pelarut universal, menentukan laju fotosintesis, membantu proses imbibisi, medium enzimatis, dan perantara pengangkutan unsur hara.





Mari kita lihat dan pahami model soal UN Biologi berikut ini
     UN Biologi 2017

     Pembahasan

    Kesimpulan yang dapat kita ambil pada tabel tersebut adalah pertumbuhan tumbuhan akan jauh lebih cepat jika diberi hormon pertumbuhan. Terlihat perbedaan yang signifikan antara kedua jenis perlakuan tersebut. Tumbuhan akan tetap tumbuh walaupun tidak diberikan hormon pertumbuhan dan tumbuhan tidak bergantung penuh pada hormon pertumbuhan, karena hormon merupakan faktor internal yang dimiliki oleh setiap tumbuhan hijau.

    Jadi pilihan yang tepat adalah (D). akan lebih cepat jika ditambah hormon tumbuh.

    Setelah paham dengan model soal UN Biologi 2017, sekarang kita coba pahami soal-soal dibawah ini lagi agar semakin paham dan mendapat gambaran tentang soal UNBK Biologi yang akan dihadapi nantinya.

     UN Biologi 2016

      Pembahasan

    perlakuan dalam hal jumlah botol air yang disemprotkan pada tumbuhan kacang hijau memiliki pengaruh terhdap faktor eksternal yang memengaruhi pertumbuhann yaitu kelembaban, kelembaban yang tinggi akan menghambat proses pengangkutan unsur-unsur hara dan mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan. kelembaban berkaitan dengan laju transpirasi tumbuhan yang dipengaruhi oleh cahaya matahari.

    Jadi pilihan yang tepat adalah (B). memberi kelembaban yang berbeda.

       UN Biologi 2015

        Pembahasan

      Kesimpulan yang tepat untuk tabel di samping adalah Cahaya dapat menghambat pertumbuhan terlihat pada perbedaan tumbuhan yang diberi cahaya secar langsung atau terang dengan yang remn-remang. Dalam hal ini pertumbuhan tumbuhan juga membutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis tetapi dalam kadar tertentu. Apabila tumbuhan tidak terpapar cahaya matahari maka akan mengalami peristiwa yang disebut etiolasi, keadaan tumbuhan tumbuh memanjang dengan kondisi daun kuning pucat dan batang yang tidak kokoh.

      Jadi pilihan yang tepat adalah (D). cahaya dapat menghambat pertumbuhan.
      Dewanto
      Dewanto Owner of this blog, He continued his study in Biology Education Department at Maritime Raja Ali Haji University. Besides, he actives on writing popular sciences articles in Warstek Media

      Post a Comment for "Latihan Soal dan Pembahasan UNBK Biologi tentang Faktor Eskternal Pertumbuhan Tumbuhan 2019"