Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Fungsi dan Jenis Lingkungan Pendidikan

Lingkungan Pendidikan
Dalam pelaksanaan pendidikan, ada banyak yang perlu dipertimbangkan, dipelajari maupun dipersiapkan. Salah satunya adalah lingkungan pendidikan. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan pendidikan? Bagaimanakah karakteristik lingkungan pendidikan? Apa peran dan fungsi dari lingkungan pendidikan? Serta apa saja jenis-jenis lingkungan pendidikan? Untuk mengetahui lebih lanjut, perhatikan ulasan berikut ini karena penulis akan akan menguraikannya dalam artikel ini!

Pengertian Lingkungan Pendidikan

Lingkungan pendidikan terdiri dari 2 kata yaitu lingkungan dan pendidikan. Ginanjar (2013) menyatakan lingkungan merupakan salah satu elemen penting dalam proses pelaksanaan pendidikan. 

Menurut Hamalik (2011) dalam Ginanjar (2013) bahwa lingkungan pembelajaran atau pendidikan itu terdiri dari 4 jenis lingkungan, yaitu:
  1. Lingkungan sosial adalah lingkungan masyarakat baik kelompok besar ataupun kelompok kecil;
  2. lingkungan personal meliputi individu-individu sebagai suatu pribadi berpengaruh terhadap individu pribadi lainnya;
  3. Lingkungan alam (fisik) meliputi semua sumber daya alam yang dapat dibedakan sebagai sumber belajar;
  4. lingkungan kultural mencakup hasil budaya dan teknologi yang dapat dijadikan sumber belajar dan yang dapat menjadi faktor pendukung pengajaran. Dalam konteks ini termasuk sistem nilai, norma dan adat kebiasaan.

Fungsi Lingkungan Pendidikan

Fungsi lingkungan pendidikan dalam Ginanjar (2013: 386) terdiri dari tiga fungsi, yaitu fungsi psikologis, fungsi pedagogis, dan fungsi instruksional. 
  1. Fungsi psikologis: stimulus yang bersumber dari lingkungan yang merupakan rangsangan terhadap individu peserta didik, sehingga terjadi respon yang menunjukkan tingkah laku tertentu. respon tersebut pada gilirannya dapat memotivasi dan membangkitkan semangat belajar bagi peserta didik. ini berarti lingkungan pendidikan memberikan pengaruh positif dalam melaksanakan fungsi psikologis.
  2. Fungsi pedagogis: lingkungan memberikan pengaruh-pengaruh yang bersifat mendidik, khususnya lingkungan yang sengaja disiapkan sebagai suatu lembaga pendidikan, misalnya keluarga, sekolah, lembaga pelatihan, lembaga-lembaga sosial. Masing-masing lembaga tersebut memiliki program pendidikan, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis.
  3. Fungsi instruksional: program instruksional merupakan suatu lingkungan pengajaran atau pembelajaran yang dirancang secara khusus. Guru yang mengajar, materi pelajaran, sarana dan prasarana pengajaran, media pengajaran dan kondisi lingkungan kelas (fisik) merupakan lingkungan yang sengaja dikembangkan untuk mengembangkan tingkah laku peserta didik.

Jenis Lingkungan Pendidikan

Lingkungan pendidikan dapat dikategorikan menjadi 3 macam, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
  • Lingkungan keluarga adalah unit terkecil dari suatu masyarakat yang memiliki arti sangat penting dalam pembinaan masyarakat bangsa.
  • Lingkungan sekolah adalah suatu kelanjutan dari lingkungan rumah tangga atau lingkungan keluarga harga yang yang tugas pendidikan diserahkan kepada pihak ketiga, misalnya guru.
  • Lingkungan masyarakat adalah kumpulan dari keluarga yang antara satu dan lainnya terikat oleh tata nilai atau aturan secara tertulis maupun tidak tertulis.

Daftar Pustaka

  1. Ginanjar, M. H. (2013). urgensi lingkungan pendidikan sebagai mediasi pembentukan karakter peserta didik. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, Volume 2, Halaman 376-396.
Dewanto
Dewanto Owner of this blog, He continued his study in Biology Education Department at Maritime Raja Ali Haji University. Besides, he actives on writing popular sciences articles in Warstek Media

1 comment for "Pengertian, Fungsi dan Jenis Lingkungan Pendidikan"